Ketahuilah 4 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Sakit Tipes, dan 16 Bahaya Jika Tipes Dibiarkan Begitu Saja

Tifus (tipes) atau demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit yang banyak terjadi di negara-negara berkembang dan dialami oleh anak-anak ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan secepatnya. 

Tifus dapat menular dengan cepat. Infeksi demam tifoid terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi sejumlah kecil tinja yang mengandung bakteri. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan terjadi akibat terkena urine yang terinfeksi bakteri.

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa tifus menjangkiti sebanyak 800 hingga 100 ribu penduduk Indonesia sepanjang tahun 2008. Ini membuktikan bahwa tifus masih masih merupakan penyakit endemik dan masalah kesehatan yang serius di negara ini.

Sanitasi yang buruk dan terbatasnya akses air bersih diduga menjadi penyebab utama berkembangnya penyakit tipes. Belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh diduga menjadi penyebab penyakit ini lebih banyak dialami anak-anak.

Bagaimana bakteri bisa menyebabkan tipes

Setelah Anda menelan bakteri S. typhi yang terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi, bakteri kemudian masuk ke dalam aliran darah Anda. Bakteri dibawa oleh sel darah putih ke hati, limpa, dan sumsum tulang.

Selanjutnya, bakteri berkembang biak pada organ tersebut dan masuk kembali ke aliran darah. Saat bakteri menyerang aliran darah, Anda mulai mengalami gejala demam. Demam merupakan respon tubuh saat tahu bahwa ada benda asing masuk ke dalam tubuh dan membahayakan.

Bakteri kemudian masuk ke dalam kantong empedu, saluran empedu, dan jaringan limfatik usus. Di sinilah kemudian bakteri berkembang biak dalam jumlah banyak. Bakteri kemudian masuk ke dalam usus. Sehingga, jika dilakukan pemeriksaan pada feses Anda, akan terlihat apakah di dalam tubuh Anda terdapat bakteri penyebab tipes atau tidak.

Ciri dan gejala tipes pada orang dewasa

Gejala tipes atau demam tifoid bisa muncul dalam tingkat yang ringan sampai parah, tergantung dari beberapa faktor, seperti usia, kesehatan, dan riwayat vaksinasi. Gejala yang muncul juga bisa muncul secara bertahap atau mendadak.

Beberapa gejala tipes yang bisa Anda alami adalah:

  • Demam setinggi 40°C
  • Ruam atau bintik-bintik merah pada kulit
  • Sakit Kepala
  • Nyeri dan sakit pada otot
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Sembelit
  • Sakit Perut
  • Muntah
  • Lemah dan lesu

Lalu, apa ciri dan gejala tipes pada anak ?

Gejala tipes pada anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Di antaranya adalah demam tinggi, sakit kepala, sakit tenggorokan, lemah dan lesu, kurang berenergi, sakit perut, sembelit, diare, dan bintik-bintik merah.

Jika anak sudah menunjukkan gejala tersebut secara bertahap, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk segera ditangani. Penanganan yang terlambat dapat menyebabkan gejala tipes makin parah atau bahkan komplikasi. Anak bisa mengalami penurunan berat badan yang parah, diare berat, demam yang makin tinggi, bahkan berhalusinasi.

4 Kebiasaan Sehari-hari Yang Menyebabkan Tipes

1. Jajan sembarangan

Jika Anda sering jajan sembarangan dan daya tahan tubuh Anda sedang menurun, hal itu bisa menjadi salah satu penyebab tipes menyerang. Bakteri penyebab tipes biasanya hidup di dalam air yang terkontaminasi dengan feses, dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang Anda konsumsi akibat jajan sembarangan.

Biasanya, anak kecil lebih rentan terkena demam tifoid karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa atau bisa jadi karena anak kurang bisa menjaga kebersihannya saat makan.

2. Tidak menjaga kebersihan makanan

Mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi tinja/urine yang terinfeksi bakteri penyebab tipes, juga bisa membuat Anda mengidap tipes.

Parahnya lagi, meskipun hal ini kurang umum, bakteri Salmonella typhi bisa bertahan pada urin orang yang terinfeksi.

Sekali lagi, jika orang yang terinfeksi menyentuh makanan tanpa mencuci tangan dengan benar atau setelah buang air kecil, mereka dapat menyebarkan infeksi tersebut kepada orang lain yang memakan makanan yang terkontaminasi.

3. Mengonsumsi air minum yang kotor

Selain makanan, tipes juga bisa terinfeksi lewat air minum. Tanpa disadari, kotoran atau tinja manusia bisa masuk mencemari air minum Anda. Hal ini juga harus diperhatikan bila Anda suka jajan minuman dingin. Es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman, masih bisa membawa bakteri penyebab tipes.

4. Menggunakan toilet yang kotor

Bakteri Salmonella typhi masih bisa bertahan sekalipun berada di tinja orang yang terinfeksi. Nah, jika Anda menggunakan toilet yang tercemar tinja penderita tipes dan tidak dibersihkan secara menyeluruh, Anda yang tadinya sehat-sehat saja juga bisa terinfeksi. Lebih,baik Anda selalu waspada dan menjaga diri sebelum dan setelah menggunakan toilet. Maka dari itu penting untuk mencuci tangan setelah buang air agar tidak terinfeksi tipes.

16 Bahaya Tipes Jika Dibiarkan dan Tidak Diatasi Dengan Tepat

 

1. Demam berkepanjangan

Awal dari gejala tipes adalah munculnya demam ringan yang berangsur angsur meningkat hingga mencapai 39 derajat celcius atau bahkan lebih.  Demam tinggi yang berkepanjangan merupakan salah satu dari ciri tipes yang harus anda ketahui. Demam tinggi pada kasus tipes wanita cenderung berlanjut selama berhari hari  bahkan hingga 2 minggu tanpa henti.

2.Dehidrasi

Menderita dehidrasi  adalah bahaya tipes yang dapat menyebabkan tubuh menjadi pucat dan nampak membiru. Kondisi ini jika tidak segera ditindak lanjuti dengan peningkatan cairan tubuh dengan memberikan air minum secara berkala atau penggunaan infus jika tersedia, Maka yang akan terjadi adalah tubuh akan mengalami  demam kejang.

3.Peradangan organ tubuh

Bahaya tipes yang sangat mengkhawatirkan adalah terbentuknya luka luka kecil , Iritasi ringan hingga peradangan diberbagai organ tubuh yang berbeda secara perlahan lahan atau bahkan ada yang terjadi pada beberapa organ tubuh pada saat yang hampir bersamaan, Misalnya organ ginjal, Hati atau usus.

4. Kerusakan usus

Kerusakan usus merupakan bahaya tipes wanita yang menyebabkan penderitanya merasakan nyeri luar biasa pada ususnya hingga apapun yang dimakannya tidak bisa diolah kembali secara normal karena fungsi usus mulai terganggu. Kondisi ini disebabkan karena usus mengalami peradangan dan berlubang.

5. Paranoid jangka panjang

Wanita hamil dan menyusui yang menderita tipes  akan mengalami perubahan emosional yang signifikan yang mengacu pada serangan paranoid jangka panjang  yaitu mengalami ketakutan, Kecemasan, Kepanikan atau rasa curiga yang berlebihan pada lingkungannya.

6. Tidak nafsu makan

Dikarenakan usus mengalami luka dan penuh dengan lubang dan diiringi dengan peradangan di beberapa organ tubuh bagian dalam maka bisa dipastikan bahaya tipes wanita selanjutnya adalah hilangnya nafsu makan seseorang atau tidak nafsu makan sama sekali.

7. Keguguran

Bagi wanita yang sedang hamil muda atau memasuki trimester antara 2 hingga 3 bulan masa kehamilan maka  bakteri akan mudah menyebar  dan menyerang bakal janin yang belum terbentuk dengan sempurna., Yang akhirnya bisa menghancurkan janin atau terjadi keguguran.

8. Kualitas ASI buruk

Pada wanita yang sedang menyusui, Penyakit tipes yang tidak segera diobati dapat menyebabkan kualitas ASI menjadi buruk dan dapat meracuni bayi. Keracunan bayi karena menyusui ASI yang telah terkontiminasi dengan bakteri penyebab tipes adalah berbentuk muntah muntah dan terserang diare.

9. Gejala anemia

Seseorang yang terkena tipes rentan terserang gejala kurang darah yang mengacu pada gejala tipes. Bakteri penyebab tipes mampu memgikat sel sel darah manusia dan merusaknya hingga tubuh tidak lagi bisa memanfaatkan fungsinya. Akibatnya tubuh akan kekurangan sel darah merah secara bertahap hingga pada akhirnya terkena anemia.

10. Gangguan perut

Bahaya tipes seringkali menyerang bagian perut yang meliputi  gangguan lambung,  sakit maag dan terganggunya sistem pencernaan lain yang dapat berupa perut mual, Perut terasa sakit dan melilit dibarengi kondisi ulu hati kurang nyaman hingga keinginan untuk muntah muntah sangat besar.

11.Tubuh melemah

Penyakit tipes dapat mengakibatkan stamina tubuh hilang dan lemas tanpa daya. Penyebaran bakteri salmonella penyebab  tipes mampu merusak jaringan tubuh relatif lebih cepat dari jenis bakteri lainnya. Tak heran jika dalam waktu satu hari saja seseorang yang terserang tipes tetapi tidak segera  mendapat penanganan secara medis maka sistem kekebalan tubuhnya akan cepat melemah . 

12.Sakit kepala luar biasa

Menderita serangan sakit kepala yang terus menerus atau timbul tenggelam adalah salah satu ciri dari sakit tipes harus diwaspadai dan secepatnya  ditindaklanjuti secara medis.  Sakit kepala yang luar biasa dan sering muncul  dapat menyebabkan:

  • keseimbangan tubuh terganggu,
  • penyebab insomnia
  • menjadi penyebab stress berkepanjangan
  • meningkatnya tekanan darah

Penyakit tipes yang tidak segera diobati dapat menyebabkan munculnya sakit kepala berupa pusing pusing, Sakit kepala sebelah, Leher bagian belakang terasa berat dan nyeri bahkan rasa sakitnya bisa meluas kearah saraf saraf bagian bahu.

13. Bercak pada kulit

Munculnya bercak bercak kemerahan pada kulit merupakan tanda dari bahaya tipes yang banyak tidak disadari para penderitanya. Bercak bercak tersebut dapat berupa bentol kecil seperti bekas gigitan serangga tetapi bedanya tidak meninggalkan jejak rasa gatal . Bercak bercak tersebut merupakan bentuk dari respon tubuh yang sedang berusaha menolak pergerakan bakteri yang dicurigai sebagai benda asing yang harus segera diblokir.

14. Dada sakit

Bakteri salmonella penyebab tipes mampu menembus sistem pernafasan manusia atau bagian dada yang meliputi bagian paru paru dan jaringan lain yang ada didekatnya, Akibatnya dada akan terasa sakit, Berat dan mempengaruhi kelancaran dalam bernafas.

15. Komplikasi

Pada stadium lanjut atau telah melewati fase stadium 1 dan 2 maka komplikasi karena bahaya tipes wanita akan mernunjukkan tanda tanda khas berupa munculnya berbagai macam keluhan kesehatan lain misalnya menurunnya fungsi ginjal , Hati , Usus dan organ  lainnya.

16. Kematian

Ketika komplikasi telah terjadi maka yang akan terjadi selanjutnya adalah kerusakan satu persatu jaringan organ tubuh yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran seseorang bahkan kematian.

Anjuran Makanan Saat Tipes

 

1. Bubur

Bubur merupakan salah satu makanan untuk penderita tipes yang paling banyak direkomendasikan. Mengingat teksturnya yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan, terutama usus. Agar lebih menggugah selera, sajikan bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang kedelai dan sedikit suwiran dada ayam rebus.

2. Nasi

Apabila Anda kurang selera dengan menu bubur yang disajikan, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi nasi. Nasi merupakan jenis karbohidrat sederhana yang tentunya memiliki kalori tinggi sehingga dapat memberikan energi instan bagi penderita agar lebih kuat dalam melawan penyakit tipes. Ada baiknya nasi yang akan disajikan memiliki tekstur yang lebih lembut dari biasanya. Disarankan untuk mengolahnya menjadi nasi tim yang berisi kaldu ayam, telur rebus, jamur merang, bawang putih dan bawang bombay, jahe serta dada ayam yang di potong dadu agar mendapatkan gizi yang lengkap.

 

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk atau mashed potato sangat pas bila disajikan sebagai menu makanan untuk penderita tipes. Di dalam kentang tumbuk terdapat beberapa nutrisi atau gizi penting yang bisa didapatkan dari bahan dasarnya seperti susu, beberapa sayuran dan rempah serta dari kentang sendiri yang mengandung karbohidrat tinggi.

 

4. Puding

Agar menu makanan penderita tipes lebih bervariasi, masukkan puding ke dalamnya. Puding memiliki tekstur yang lembut serta mudah dicerna. Kandungan gula pada puding juga dapat dijadikan sumber tenaga, terlebih bila puding diolah dengan susu dan campuran buah seperti cranberry atau alpukat. Selain dapat mengundang nafsu makan, nutrisnya pun sangat bermanfaat bagi penderita.

 

5. Ikan

Ikan kaya akan kandungan protein hewani yang sangat mudah dicerna dan mampu mendongkrak energi. Beberapa ikan laut seperti salmon, tuna dan makarel kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap pemulihan kesehatan penderita tipes. Olah lah ikan dengan cara di rebus, di tim atau di pepes dengan tambahan beberapa rempah-rempah agar nutrisinya semakin lengkap.

6. Telur

Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein yang sangat tinggi. Bukan itu saja, telur juga merupakan sumber makanan yang padat gizi, diantaranya seperti kalsium, mineral, zat besi, asam amino esensial dan masih banyak lagi. Dengan berbagai kandungannya tersebut, maka tak heran apabila telur termasuk salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes. Sebelum disajikan, telur dapat di olah dengan cara di rebus, di dadar atau di orak arik dengan campuran sedikit minyak zaitun atau minyak wijen.

7. Dada Ayam

Dibandingkan daging sapi, daging ayam terutama bagian dada lebih rendah lemak dan memiliki serat yang lebih halus, sehingga lebih cocok dikonsumsi oleh penderita tipes. Dada ayam rebus yang di suwir atau di potong dadu dapat dijadikan pelengkap dari menu utama makanan untuk penderita tipes seperti bubur, nasi dan kentang tumbuk.
Satu porsi dada ayam mengandung protein sekitar 25 gram, kalori sebesar 170 Kkal dan ditambah dengan kandungan zat besinya yang mampu mencukupi 4% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan.

 

 

9. Alpukat

Buah yang satu ini tergolong salah satu superfood. Bagaimana tidak, berbekal kandungan serat, antioksidan, vitamin, mineral dan lemak baik didalamnya, buah alpukat seringkali direkomendasikan sebagai obat herbal untuk membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk tipes.

10. Wortel

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten yang tak hanya berdampak positif bagi kesehatan mata, namun mampu mempertahankan kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Bahkan, kandungan falcarinol di dalam wortel kabarnya mampu melawan sel kanker terutama kanker usus. Cobalah untuk mengolah sayuran satu ini dengan cara dipanggang, karena konon wortel panggang mengandung antioksidan yang lebih tinggi hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan wortel mentah.

Produk Apa yang Tepat Untuk  Mengatasi Tipes?

IDR Madu Herbal Adalah Solusinya

Terobosan Herbal Alami Mampu Mengatasi Tipes, Panas Dalam, Sariawan, Asam Lambung, Maag Kronis & Akut, Gerd, Sakit Perut, Mual, Kanker Lambung, Dan Masih Banyak Lagi Terbukti Berdasarkan TESTIMONI

Isi 350 gram

Sangat Aman Di Konsumsi Bagi Semua Kalangan Mulai Dari Kalangan Anak, Ibu Hamil & Dan Ibu Menyusui

IDR Madu Herbal Sudah Mendapatkan Izin Dari
DINKES P-IRT NO. 2093201040204-19

Yakni Dengan IDR Madu Herbal. Solusi Herbal Alami Mampu Mengatasi Tipes, Panas Dalam, Sariawan, Lambung Bocor, Maag Kronis, Asam Lambung, Gerd, Dan Masalah Pencernaan Lainnya. Bahan yang terkandung di dalamnya ialah Terbuat Dari Madu Sialang, Habbatusauda, Temulawak, Propolis, Kunir Curcuma, Jus Kurma, Zaitun sudah di racik secara khusus oleh para ahli sehingga khasiat & manfaatnya luar biasa tidak hanya mampu mengatasi satu masalah kesehatan saja tetapi juga ampuh mengatasi berbagai macam penyakit tanpa efek samping.

IDR MADU HERBAL

Madu pilihan yang di formulasikan secara khusus, cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki berbagai keluhan dan masalah seperti :

  • Tipes
  • Maag Kronis
  • Gerd
  • Asam Lambung
  • Asam Urat
  • Kolesterol
  • Dan berbagai masalah kesehatan lainnya

Bagaimana Pendapat Mereka Yang Telah Mengkonsumsi IDR Madu Herbal ?

Disclaimer : Untuk reaksi dan hasil setiap orang itu berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Adakah Garansi Kesembuhan Dari IDR MADU HERBAL?

Disclaimer: Tidak ada solusi masalah kesehatan yang bergaransi kesembuhan. Kesembuhan itu mutlak dari Allah SWT, kita sebagai manusia hanya wajib berdo’a dan berikhtiar selebihnya hanya atas KuasaNya. IDR Madu Herbal hanyalah sebagai perantara. Faktor kesehatan, faktor lingkungan, dan faktor kondisi tubuh seseorang sangat berpengaruh terhadap reaksi kesembuhan.

Berapa Botol IDR Madu Herbal Agar Penyakit Tipes Teratasi Dengan Sempurna ?

Untuk perubahan dan reaksi sudah bisa dirasakan dan terlihat secara signifikan sejak konsumsi minimal 1-4 botol tetapi kami sarankan untuk mengkonsumsi  6-10 botol agar lebih efektif . Namun hasil dapat berbeda-beda tergantung metabolisme tubuh masing-masing.

Tahap Penyembuhan Penyakit :

1 Paket Untuk Detoksifikasi (Pengeluaran) Racun Dari Dalam Tubuh 

2-4 Paket Untuk Pemulihan Dan Perbaikan Organ Tubuh 

5 Paket Untuk Pemulihan Total & Hasil Yang  Maksimal

Catatan :
1 Paket isi 2 Botol

Mengapa Anda Harus Memilih IDR Madu Herbal ?

BARANG SAMPAI BARU BAYAR

Garansi uang Anda Aman 100 % Sampai Barang Diterima. Berlaku Pengiriman Seluruh Pelosok Indonesia 1-6 Botol

TERBAIK & TERPERCAYA

KEASLIAN produk TERJAMIN 100% dan Terhindar dari tindakan PENIPUAN karena berlaku SISTEM BAYAR SETELAH BARANG SAMPAI

RESPON CEPAT

Pelayanan Cepat karena ditangani admin Profesional

HARGA PALING MURAH

Harga lebih murah dibandingkan dengan khasiat dan manfaat yang luar biasa dan sudah dirasakan oleh banyak orang

GARANSI

Barang yang rusak bisa di retur atau di kembalikan

HALAL

Kandungan bahan yang di racik adalah bahan herbal pilihan sehingga sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit 100% HALAL

Bagaimana Cara Konsumsi IDR Madu Herbal ?

 

 

Cara Konsumsi IDR Madu Herbal : 

Dewasa      :  3 X 2 Sendok makan setiap hari
Anak-anak  : 3 X 1 Sendok makan setiap hari

Bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan,  dikonsumsi langsung maupun di seduh air hangat.

Harga Resmi IDR Madu Herbal Se-Indonesia

BOTOL

DISKONHARGA
1 botolTIDAK ADA

 Rp     160,000 

2 botol

TIDAK ADA Rp     320,000
4 botol Rp 20,000

 Rp     620,000 

5 botol

 Rp 30,000 Rp     770,000 

7 botol

 Rp 50,000

 Rp  1,070,000 

9 botol Rp 75,000

 Rp  1,365,000 

12 botol

 Rp 90,000 Rp  1,830,000 
20 botol

 Rp 100,000

 Rp  3,100,000

PESAN SEKARANG, DAPATKAN PENAWARAN MENARIK SPESIAL UNTUK ANDA
BELI 5 BOTOL
HARGA 800.000 Dapat Potongan 30.000
Jadi 770.000
PLUS GRATIS 1 Botol

CATATAN :  Harga yang dicantumkan BELUM TERMASUK ONGKIR

Belanja Online, Takut Barang Tidak Sampai ? Jangan Khawatir Kami Berikan 100% GARANSI Uang Kembali Jika Barang Tidak Sampai

ATASI MASALAH KESEHATAN ANDA SEKARANG JUGA

Catatan Penting! Jika Anda tidak mengerti tentang Pemesanan Otomatis Silahkan ikuti petunjuk pemesanan manual di bawah ini :

 
Ketik SMS Dengan Format :
 
Kode Pemesanan : Nama Lengkap : Alamat Lengkap : RT/RW : Kode Pos : Jumlah Pemesanan : No Hp : Email
 
Contoh
 
IDR-TPS : Ida Royani: Jl. Terusan Jakarta No. 10 Kp. Muncang Asri RT 04 RW 05 Kel. Gunung Peser Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya : 42198 : idaroyani@gmail.com

TELEPON

085210157661

SMS

085210157661

WHATSAPP

085210157661

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DARI KAMI
KHUSUS HARI INI SAJA !

Ayo pesan sekarang ! Kesempatan TERBATAS . Siapa Cepat Dia Dapat

Copyright © 2018 – idrmaduherbals.com